Saya Sudah Tau! Sudah Tua, Om

#Saya_Sudah_Semakin_Tua
Saya Sidik Rizal,
usia masih muda, baru 32 tahun.
Dua dekade yang lalu.
Tapi saya udah mulai jadi PALAPA.
Mereka semua panggil saya
Aki² DUSUN, DUKUN, SUKUN, TERKUN, PIKUN. 
Nah itu maksud saya. 

Yang suka banyak lupanya.
Makanya untuk hal-hal tertentu,
saya selalu pasang alarm. 
Biar nanti gampang mengingatnya.
Cerdas kan? 
Cuma saya lupa, pasang alarmnya. 


Saya lupa cara nyetel alarm HP.
Bukan pikun ya, lupa aja... Biar mantul
Bunyi bel alarmnya saya gedein.
Segede suara trompet bus AKAP.
Om telolet Om... 
Alarm disetel cuma masalahnya,
kadang mengganggu & bunyi
saat yang gak tepat.
Pas lagi jadi imam sholat lah.
Sholat Zhuhur Ashar yah... Heh!?
Gak perlu baca surat kencang-kencang.
Cuma pelan-pelan, 
tapi kedengaran,
nyaris berbisik.
Dah keren kan mirip presiden!? 
Allahu akbar... 
Bismillahirahmaanirrahiim.. 
Al FATEKAH... 

Gak gitu ya. Maaf. 
Ulangi... 

Bismillahirrahmaanirrahiim.
Al Kamdulillah.... Wese wese wese wes
.
Eh pas lagi khusyuk sholat
Alarmnya mendadak bunyi,
Boong, boong, boong.... 

Alarm juga suka bunyi pas...
ada tetangga meninggal lah.
Assalamu'alaikum... 
Innalillahi waiinna ilaihi raajiuun. 
Telah meninggal dunia... 
Alarm canggih! 

Alarm bunyi pas
lagi sholat jenazah lah. 
Kan kali aja jenazahnya bangun, 
"Pak Dik, alarm nya bunyi tuh, gangguin aja?"

Masak warga sekitar gak kaget?

Terus marah² & ngomelin saya,
mengingatkan jangan pakai alarm.
Saya cuma bisa bilang... 
"Itu jenazahnya bisa ngomong...!"

Tetangga gak ada yang peduli. 
Malah marah & melototin saya,
kek gak ada maaf sedikitpun.

Udah begitu, eh jenazahnya sok bijak;
"Makanya PakDik, lain kali jangan pake alarm. 
Pake SMS aja. Kirim ke nomor pak Sidik sendiri.
Daripada pake alarm,
bunyinya gangguin semua orang."

Lu buka  orang lagi, mayit!!! 

Ide yang bagus.
Saya mengangguk menerima sarannya. 
Akhirnya tetangga saya gak melototin saya lagi. 
Jenazahnya tidur lagi di dalam kerandanya.
Aneh banget... Aneh! Dan gak ada yang peduli.
Mereka malah tetap lanjutin tahlilan.
Itu kan bid'ah ya gak?

Punchline nya aneh banget,
kenapa jadi ke bid'ah!?
Padahal cerita jenazah bisa ngomong aja,
Tahayul dan MbakYul. 
Dasar gue. 

Saya jadi kepikiran sama ide tadi, 
membantu mengurangi kepikunan saya.
Makanya saya mulai mengirim SMS,
ke nomor saya sendiri. 
Maklum HP Xiaomi, 
Satu HP ada 2 kartu, XL dan Telkomsel. 
Pokoknya saya lelaki idaman wanita banget deh. 

Untuk mengingat jadwal manggung atau kerjaan, 
Saya kirim SMS ke nomor saya yg lain di satu HP. 
Setelah kirim SMS, saya lupain & gak peduli. 
Anehnya keesokan harinya saya kaget.
Tahu-tahu saya dapat SMS,
dari nomor yang saya gak tahu.
Saya ingatnya nomor saya XL.
Ini SMS dari nomor Telkomsel,
yg gak saya kenal. 
Aneh banget, kan!? 

Terus saya balas aja kan. 
"Ini dari siapa ya?"

Eh dia balas langsung. 
"Ini dari siapa ya?"

Gak sopan banget, saya marah... 
Saya banting aja HP nya keras-keras.
Saya kalau marah emang gitu. 
Suka emosi dan gak sadar. 
Saya bantingnya emosi sepenuh jiwa. 
Ke kasur. 

Saya emosi ya, bukan gila. 
Jadi biarpun sudah tua kek sekarang ini. 
Saya tahu harga Xiaomi lumayan mahal. 
Lain kalo saya punyanya i-Phone X. 
Pasti saya banting ke ubin. 
Saya mah gitu orangnya.
Kalo rusak, ya gampang...
Saya tinggal menghayal lagi. 

Kembali ke SMS balasan tadi. 
Saya balas lagi. 
"Jangan main-main ya sama saya."

Eh dibalas lagi dgn SMS yg sama. 
Begitu aja terus, kirim balas SMS, 
sampai INDOSAT bisa di BUYBACK.

Akhirnya saya sadar diri, kalau saya khilaf. 
Padahal saya sebenarnya Sidik, bukan Khilaf.
Ah sudahlah. 

Saya cerita ke istri saya.
Dan tentang masalah SMS itu,
dia kasih komentar, 
"Gak papa Abi... Kalian berdua benar kok!"
#Apaaaah!? 😠

(.... bersambung....)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama