Tak Ada Yang Percaya Saya Miskin




#Saya_Orang_Miskin


Orang gak percaya,
kalo saya ini miskin.
Rumah sendiri gak punya.
Kalah sama keong sawah.

Dunia gak percaya kalo saya miskin,
“Gimana dibilang miskin lu, OmDik?
Lu kan tinggal sama mertua yang kaya raya!?”

Saya miskin seperti kebanyakan rakyat Indonesia.
Dunia juga gak percaya kalo rakyat Indonesia miskin,
“Gimana rakyat Indonesia miskin?!
Kan mereka tinggal di negeri yang kaya raya!?”

Saya udah nikah lebih dari seperempat abad,
Hampir mirip banget sama rakyat Indonesia,
Sudah merdeka lebih dari setengah abad,
tapi kenapa tetap aja miskin?
Padahal rakyat tinggal di negeri yang kaya raya?
Saya juga tinggal di rumah mertua yang kaya raya?
Apa saya harus ganti mertua gitu?
Apa rakyat Indonesia harus… ganti mertua juga?

Saya hidup miskin,
ikut mertua sampai 3 dekade.
Masa rakyat Indonesia mau ikut miskin?
Sampai pemimpinnya 3 periode?

Belajar dari kehidupan saya yang miskin,
tapi saya merasa bahagia ikut mertua kaya,
kalo rakyat kita yang miskin mau bahagia kek saya,
bilang sama pak Jokowi, “Jangan Tiga Periode, Pak?!”
Gimana kalo bapak jadi presiden 3 dekade?
Biar rakyat Indonesia kayak OmDik,
Biar miskin & gak peduli dianggap gak ada harga diri,
Tapi merasa bahagia ikut mertua nyaris 3 dekade.

Keong begitu udah kawin,
3 bulan kemudian punya anak,
langsung punya rumah sendiri.
Lah saya begitu kawin ikut mertua,
sudah nyaris 3 periode masih belum rumah?!

malah dibawa² tiap waktu.
Itu keong aja bisa egois, pelit.

Untung saya bukan keong. 
Tapi tetap aja ngiri,
sirik sama keong.
Krn saya punya #narcolepsy. 
Penyakit gampang tidur, suka molor. 
Untung saya bukan keong racun... 
Dasar kau keong racun 🎶
Baru kenal, eh ngajak tidur...!? 🎶
Ini keong racun pasti narcolepsy kronik.

Jangan dibilang saya pura² miskin. 
Udah setua ini umurku, punya 5 anak, 
tapi belum punya rumah sendiri.
Boro-boro ngontrak, 
masih punya harga diri. 
Rumah yg di alamat KTP aja, 
itu HMI, Hotel Mertua Indah.

Mertua yg kaya, saya mah apa atuh.
Cuma remahan coklat meises roti sobek,
yang penting isinya keju.
Remahnya gak penting!
Rumahnya, yang paling penting. 

Saya emang remahan roti sobek, 
Apalagi rotinya lagi promosi,
harganya diskon 60%,
beli 2 potong bisa dapat 4,
Pokoknya murahan banget.

Saking miskinnya saya,
makan nasi goreng aja
sendoknya cuma satu,
gak pake garpu dan
gak pake sumpit.
Cukup dituang saja.

Kebetulan kalo saya makan nasgor
hampir gak pernah pake centong nasi.
Maklum lah saya orang miskin.
Cukup pake baca bismillah.
Terus pake tangan aja.

Orang kaya makan nasgor, 
Pake gesek, kartu kredit. 
Saya miskin, makan nasgor, 
Pake gesek, ikan asin.
Udah bahagia, kenyang.

Ada sih yg bilang saya kaya,
tapi modus, biar bisa pinjam duit.

Saya punya sobat dari luar Jakarta, 
tahu kalo saya miskin,
dia investasi ke usaha saya,
Dagang madu herbal. 
sampai puluhan juta rupiah.
Eh dikatain,
Sidik, udah miskin suka membual.

Bisnis saya bukan cuma jual madu, 
tapi punya perusahaan #rebahan_aja_bahagia. 
Apalagi kalo #bangun #berdiri bela ibu pertiwi. 
Tuh kan gak percaya kalo saya pemimpi!? 

Seperti tadi saya bilang, 
selain miskin juga menderita penyakit
khusus sakitnya orang miskin. 
Nama kerennya NARCOLEPSY. 
Ya penyakitnya org malas + miskin.
Suka tidur mulu, molor on the spot. 
Gampang terjatuh tidur,
#PELOR.

Naik bus tidur. 
Naik kereta tidur. 
Naik mobil polisi tidur, 
Sayanya yg bangun. 
Jeglukan.
(Act out: naik mobil lewati polisi tidur) 

Tapi saya orangnya,
saklek untuk plinplan.
Serius untuk tidak serius. 
Suka gak lucu untuk melucu...

Saking miskinnya,
bukan cuma makan yg Senin Kamis, 
Naik panggung stand up comedy aja,
Juga Senin Kamis. 
Senin naik panggung Openmic, 
Kamisnya penonton baru ngakak. 

Hebat kan?
Saya gitu loh...
Orang miskin kelas para dewa. 
Dewa Kemiskinan. 

Saking miskinnya Saya, 
makan aja Senin Kamis.
Itu pun dapat buka puasa gratis,
Kalo gak di rumah mertua,
ya di rumah nyokap.

Tapi gak selalu merepotkan mereka kok, 
Saya buka puasa sendiri di tempat lain
Misalnya masjid raya Al-Azhar, 
Gratis dapat ta'jil rutin. 
setiap Senin Kamis.
Gak tahu kan? 
Makanya puasa,
Biar ikut rasain,
Gimana laparnya orang miskin.

Orang miskin, biasanya kurus. 
Kerempeng, kayak tokoh utama,
komik anime onepiece,
Monkey D. Luffy. 

Tapi orang kaya, yg rakus...
kadang perutnya gendut. 
Makanya saya kesal, 
Udah tau saya ini miskin. 
masih aja dianggap orang Buncit.
Padahal saya sering ke Pejaten.
Emang sih dekat² Buncit, 
Tapi kan saya jarang lewat Mampang.
Lebih sering lewat pasar minggu
Di sana banyak penjualnya 🎶
Di kota banyak pembelinya 🎶
Reff:
Pepaya jeruk jambu rambutan 🎶
Duren duku dan lain lainnya 🎶
Marilah mari kawan semua 🎶
Membeli buah buahan 🎶

Kalian gak percaya,
saya beneran miskin gak papa. 
Tapi jangan pernah pinjam duit! 
Apalagi minta transferan pulsa. 
Dasar miskin.
Minta mulu...
Bukannya rebahan. 

Saya berasa miskin banget,
kalo madu saya belum laku. 
Atau dagangan eceran gak laku sebiji pun. 
Atau investor saya belum ACC kontrak kerja. 
terasa lebih susah
daripada orang termiskin di dunia. 

Pernah waktu kecil, usia balita. 
Tapi adek saya ada 4.
Buat makan jajan dan beli susu aja, 
saya terpaksa makan gunting. 
Gunting jadi korban. 
Dijual, terus buat beli susu, 
Jadi pengganjal perut.

Sekarang pun,
Setelah jadi kepala rumah tangga, 
Anak saya ada 5.
Buat makan saya sendiri saja susah, 
Saking gak ada duitnya. 
Makanya hari ini saya lapar, 
Belum makan dari pagi... 
Terpaksa HP saya jadi korban
saya pakai buat ganjal perut. 
Ini HP nya
(Act out, ambil HP dari balik baju dan celana) 

Kembali ke masa kecil saya,
yg terpaksa makan gunting. 
Bayangin ada berapa banyak sih
gunting di rumah orang kaya sekali pun. 
Apalagi kami orang miskin. 
Artinya kalo gak ada gunting,
mau jual apalagi?
Masak jual "baling-baling bambu...!"?

Saking miskinnya saya, 
Saya punya anak lima. 
Lah apa hubungannya,
miskin sama punya anak banyak?
Ya itu tadi,
saking gak ada makanan di rumah, 
Hiburannya bikin anak. Lupa lapar. 

Saking miskinnya saya, 
Saya punya motor aja dipake anak sulung. 
Motornya dia rusak belum bisa direparasi. 
Mobil anakku si Abdullah,
juga belum bisa kuperbaiki. 
Bahkan helikopternya masih rusak. 
Kenapa kalian heran? Kenapa gak? 
Emang orang miskin gak boleh...
beli mobil & helikopter mainan anak?

Saya pribadi belum bisa
beli helikopter buat saya sendiri. 
Jangankan beli helikopternya, 
beli baling-balingnya aja gak mampu. 
Apalagi beli pramugari helikopter.

Kenapa emangnya? 
Emang helikopter gak ada pramugarinya?
Wajar aja lah, namanya orang miskin. 
Mana tahu kalo helikopter gada pramugari. 
Jangan² itu heli juga gak ada pilotnya?

Saking miskinnya 
Makan mie instan aja,
gak boleh 2 bungkus.
Pasti dijatah 1 bungkus. 
Yg 2 cuma anak saya. 
Saya mah mengalah aja.
Maklum lah orang miskin. 

Jika bepergian pake kendaraan,
motor dipinjamkan adek sendiri. 
mobil saya gak punya,
kecuali adik saya kasih pinjam. 
Bahkan untuk bensin aja, 
Saya bantu nganterin ibunda dulu, 
Biar dikasih uang bensin.

Mau ngojek online, percuma... 
Saya ini pemalas,
ogah terikat sama aturan OJOL. 
Gak level buat orang miskin kek saya.

Gak jarang bahkan untuk makan sehari² 
masih numpang makan sama mertua. 
Bukan cuma rumah aja numpang, 
Tapi juga makan, kencing & berak.

Saking miskinnya saya, 
sampai utk berpendapat
dan punya ide bebas aja,
saya dilarang oleh adik sendiri.
Adik yg selalu bantu masalah ekonomi saya.
Seolah dia punya hak utk ngatur hidup saya.
Apalagi yg lebih miskin daripada itu?
Kagak ada lagi, Bopak!

Sudah dikasih bantuan dari keluarga, , 
jelas itu artinya saya bergantung, 
pada belas kasihan,
otomatis sering dihina,
bahkan kebebasan berpikir
dan berekspresi mau dirampas!? 

Apalagi yg bisa saya miliki...? 
Dasar miskin murrokab. 
🥴🥴🥴🤣😱

Wajar kalau saya marah kpd semua orang. 
Apalagi kepada para pendebat agama,
Para komik yg baru belajar melucu, 
Para penghina saya di komunitas, 
Termasuk para pencela eksistensi saya. 
Mereka semua saya anggap samyang. 
"Sampah kali, MasDik.... !? "
"Ya, maksudnya itu. Tapi kan itu gak lucu!"

Sebagai pedagang madu yg merintis karir
jadi stand up comedian, gak jarang kok
saya diledekin TUA MARTABAK BANGKA. 

Mereka semua emang goblok. 
Tapi gak mau dibilang goblok. 
Kata mereka, "...yang goblok elu Dik!"
"Lah kalo gue goblok,
napa mau dengerin gue?
Kan GOBLOK!"

Gak enak jadi orang miskin. 
Meskipun dulu saya punya cita²
Jadi orang miskin. 
Mati sbg orang miskin, 
berteman dgn orang miskin. 
Biar kalo main game,
bisa gonta-ganti SKIN.

"Apaan sih lu, Dik?"
"Iya nih si Abang,
gak lucu lu BANG SID!"

Kasihan banget orang gila di luar sana...
Pasti gak punya keluarga
yg bisa menyakiti hatinya.
Apalagi menolong diri mereka,
saat kesusahan seperti saya...
yang selalu ditolong keluarga saya. 

Saya meskipun miskin,
masih punya saudara sendiri,
yang selalu bisa menolong saya, 
dan menyakiti perasaan saya, 
dan melarang saya untuk bisa bebas
sekehendak hati saya.
Jadi saya gak terlalu gila.

Masak gak bisa saya gila sebentar?
Secara kreatif menulis apa isi
kegelisahan hati saya di medsos?
Barangkali pengen saya jadi gila?
Kalo pun saya jadi GILA. 
Saya maunya jadi PASIR. 
Kopi pahit jadi manis enak, 
Kalo dikasih GILA PASIR. 

Wassalam, saya SidikRizal. 

(... bersambung...)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama